Gandeng Air Asia, Kemenpar Gencarkan Promosi Wisata Indonesia

Rabu, 10 Agustus 2016 - 20:30 WIB
Gandeng Air Asia, Kemenpar...
Gandeng Air Asia, Kemenpar Gencarkan Promosi Wisata Indonesia
A A A
JAKARTA - Setelah meluncurkan corak pesawat berlogo Wonderful Indonesia pada Airbus A330 seri 300. Maskapai penerbangan Air Asia kembali dilirik Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Maskapai yang baru mendapat gelar World's Best Low Cost Airline by Skytrax itu akan kembali mengampanyekan pariwisata Indonesia, mulai dari kampanye pemasaran di wraping bus hingga driver content di media internal Air Asia yang akan dimulai pada pertengahan Agustus 2016.

“Tajuk kerjasamanya Wonderful Indonesia Promotion With Air Asia. Penandatanganan kerja samanya akan dilakukan di Singapura, 11 Agustus 2016,” kata Prof. I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata melalui siaran media yang diterima Sindonews, Rabu (10/8/2016).

Pitana juga menjelaskan alasan pemilihan Air Asia untuk mempromosikan pariwisata Indonesia Maskapai adalah selain karena gelar World's Best Low Cost Airline by Skytrax yang dicapai mulai dari tahun 2007 hingga tahun 2015, Air Asia juga merupakan maskapai penerbangan yang paling banyak dicari hingga wilayah operasi yang menjangkau 11 kota besar di Asia.

Selain itu, kiprahnya di negara-negara ASEAN juga tidak perlu diragukan lagi karena Air Asia memiliki anak perusahaan di hampir semua negara ASEAN. Seperti di Thailand ada Thai AirAsia, kemudian di Indonesia ada Indonesia AirAsia, di Filipina ada Philippines' AirAsia Inc, dan yang terbaru, ada AirAsia X yang berbasis di Malaysia. “Kurang apa lagi? Brand Air Asia sudah sangat dikenal,” ujar Pitana.

Bersama Air Asia, Wonderful Indonesia akan berpromosi melalui wraping bus serta akan ada destinasi dan landmark ikon pariwisata Indonesia yang hadir di bus-bus Air Asia. Selain itu, akan ada pula kampanye pemasaran di Lepak Satu Korner, Night Owl Cinematic, Travel Yahoo Inspirasi dan Warna Radio. Seluruh brand online tadi akan rutin menampilkan berita-berita menarik tentang sejumlah destinasi di Indonesia.

Website Air Asia juga telah mendapat respons yang sangat bagus dari netizen dan mendapatkan predikat nomor 1 travel website di Asia. Selain itu, setiap bulannya, website Air Asia mencapai lebih dari 300 juta page views. Dan dalam satu tahun, impression page-nya menembus lebih dari 200 juta impression. “Kalau Wonderful Indonesia hadir di sana, dampaknya bisa sangat dahsyat. Kami ingin trend kunjungan wisatawan asing ke Indonesia terus meningkat,” ucap Pitana.

Dari data BPS, jumlah kunjungan wisatawan asing periode bulan Januari hingga Juni 2016 telah mencapai 5.291,6 ribu orang. Trend kenaikan pada bulan Juni 2016 tercatat pada kunjungan turis asal Tiongkok dan Australia. Tiongkok naik menjadi 115,84 ribu kunjungan dan Australia mencapai 113,67 ribu kunjungan. Di periode yang sama di tahun 2015 lalu, dua negara tersebut masing-masing telah mencapai 98,26 ribu dan 102,21 ribu kunjungan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)